Wisata Edukasi PUSIPTEK


Wisata Edukasi 2017

                Pada hari Kamis tanggal 19 Oktober 2017 kami dikumpulkan di hall masjid SMP Labschol Jakarta pada pukul 6.45, disana kami diberikan arahan tentang tempat yang akan kami kunjungi. Kami diberikan arahan berbarengan dengan kakak kelas 9. Pada kesempatan kali ini, kelas 7 mengunjungi PUSPIPTEK dan TMII (Tamana Mini Indonesia Indah). Lalu pada pukul 7.15 kami berangkat dari SMP Labschool Jakarta dipandu oleh wali kelas masing-masing. Perjalanan dari SMP Labschool menuju PUSPIPTEK kurang lebih memakan waktu sekitar 2 jam.


Kami tiba di PUSPIPTEK pada pukul 9.15 untuk pengondisian siswa, pembukaan, penyambutan dan arahan umum dari pihak PUSPIPTEK di Gedung Pusat Informasi PUSPIPTEK. Pembukaan singkat dilakukan oleh pihak Labschool Jakarta dan dilanjutkan oleh pihak PUSPIPTEK. Lalu, kami diberikan waktu untuk bertanya kepada pihak PUSPIPTEK. Setelah itu, pihak Labschool dan pihak PUSPIPTEK saling bertukar cinderamata di akhir sesi pembukaan lalu kami ditayangkan video sigkat mengenai hal-hal umum yang ada di PUSPIPTEK. Pembukaan serta pengarahan ini berlangsung selama kurang lebih 1 jam. Pembagian laboratorium untuk observari didasarkan oleh kelas. Kelas 7A melakukan observarsi di      P2F-LIPI, Kelas 7B melakukan observasi di P2K-LIPI, Kelas 7C melakukan observasi di B2TKE-BPPT, kelas 7D melakukan observasi di Bioteknologi-BPPT dan kelas 7E melakukan observasi di BT2MP-BPPT serta kelas 7F melakukan observasi di LAPTIAB-BPPT. Observarsi ini dipandu dan diawasi oleh wali kelas masing-masing dan satu orang dari pihak PUSPIPTEK, kalau kelas saya, yaitu 7C akan melakukan observarsi di B2TKE-BPPT yang dipandu oleh Pak Adi selaku wali kelas 7C dan Pak Ahmad dari pihak PUSPIPTEK. Perjalanan dari Gedung Pusat Informasi PUSPIPTEK menuju laboratorium memakan waktu sekitar 15 menit menggunakan bus tiap kelas. Di bus, murid-murid diberikan arahan tentang laboratorium yang kunjungi dan diarahkan untuk segera memakai jas laboratorium Labschool. Sampailah di B2TKE-BPPT, perjalanan di laboratorium sudah terbagi antar kelasnya. Jadi, di laboratorium ini hanya ada murid-murid kelas 7C dan guru yang terkait.
               
B2TKE-BPPT atau kepanjangannya Balai Besar Teknologi Konversi Energi – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi adalah tempat yang digunakan sebagai tempat pengujian berbagai macam energi. Dalam observasi kali ini, kelas 7C melakukan pengujian terhadap perlengkapan rumah tangga, lebih spesifiknya lagi lampu. Di laboratorium pengujian perlengkapan rumah tangga, kami dipandu oleh Pak Louis. Pak Louis menjelaskan berbagai macam hal mengenai alat-alat penguji lampu disana. Kami juga bertanya-jawab dengan Pak Louis mengenai alat-alat di laboratorium tersebut. Observasi ini memakan waktu kurang lebih 1 jam. Kami melanjutkan perjalanan menuju TMII (Taman Mini Indonesia Indah) menggunkan bus pada pukul 11.15. Di dalam bus, kami diberikan makan siang berupa KFC. Beberapa dari kami juga mengganti baju angkatan di dalam bus. Setelah makan, ganti baju, foto-foto dan merekam perjalanan, sampailah kami di TMII.


Pertama-tama pada pukul 13.00, kami langsung melaksanakan Shalat Dzuhur di Masjid Diponegoro TMII. Kegiatan ini kurang lebih memakan waktu sekitar 40 menit. Kami sampai di Sky World TMII pada pukul 14.00. Disana kami langsung diarahkan untuk menuju Auditorium Candradimuka dan setelah sampai di auditorium, kami diberikan pembukaan pendek dan ditayangkan video mengenai luar angkasa. Video ini berakhir pada pukul 15.00

           Setelah video selesai, kami langsung diberikan kesempatan untuk berobservasi disekitar Sky World. Disana, terdapat berbagai macam miniatur roket, sejarah tentang antariksa, barang-barang yang terkait dengan luar angkasa serta simulasi tentang planet-planet beserta astronot. Lalu, setelah berobservasi keliling, kami diarahkan mengantri untuk menonton 5D di Sky World. Kalau saya kebagian menonton pada pukul 16.30. 5D ini memakan waktu kurang lebih 15-20 menit.



Kami langsung diarahkan menuju suatu studio yang memiliki langit-langit yang cembung keluar. Di tempat ini, kami dipersilahkan duduk di tempat duduk yang sudah disiapkan. Disana, ditampilkan suatu video simulasi tentang langit dan luar angkasa pada waktu itu. Berbagai macam bintang, konstelasi, bulan, planet-planet, matahari dan asteroid-asteroid yang membuat efek seakan-akan kami yang menonton di studio berada di tempat pada video itu. Video ini memakan waktu kurang lebih 45 menit. Kami diberikan arahan untuk berjalan menuju bus. Tetapi, banyak sekali orang yang mampir membeli mi goreng instan di dekat studio itu. Saya pun membeli. Lalu, saya dan teman-teman saya langsung diarahkan untuk masuk ke bus. Pada saat ini, hujan berlangsung dan suasana di sekitar tempat sangatlah padat. Akhirnya, saya bisa masuk ke dalam bus. Di dalam bus 7C, ternyata ada beberapa anak dari kelas lain yang tertinggal oleh bus, sehingga terdapat beberapa murid yang tidak mendapatkan kursinya. Kami semua langsung mempersiapkan diri untuk Shalat Ashar. Saat sampai di Masjid Diponergoro, kami berlari-lari serta berhujan-hujanan masuk ke dalam masjid. Yang perempuan pun mengambil wudhu di luar masjid karena tempat wudhu yang berada di dalam masjid rusak. Akhirnya, banyak yang berhujan-hujanan mengambil wudhu dan langsung bergegas Shalat Ashar karena sudah akan tiba Adzan Maghrib. Terdengarnya Adzan Maghrib, kami langsung melaksanakan Shalat Maghrib berjamaah. Setelah itu, kami kembali ke bus dengan berbasah-basahan. Masuknya ke bus, bus kami bisa terbilang kotor dan basah disebabkan oleh hujan dan kondisi yang kurang mengenakan.
Perjalanan pulang kami dimulai pukul 18.35. Pada perjalanan pulang ini kami bernyanyi-nyanyi dan menemukan suatu kebahagiaan dalam suatu kondisi yang kurang mengenakan. Walaupun banyak dari kami yang mengakui bahwa perjalanan ini tidak begitu menyenangkan, tetapi, sepertinya suatu hal yang dilakukan bersamaan pasti akan membahagiakan. Apalagi, saat berjalan-jalan dengan teman sekelas. Perjalanan pulang ini sangatlah menyenangkan. Kami tiba di SMP Labschool Jakarta pada pukul 19.30. Sampainya di Labschool pun, hujan masih turun. Kami semua turun dari bus dan segera berlari menuju lobi Labschool. Perjalanan ini sangatlah menyenangkan walaupun terhambat oleh hujan yang membuat segala hal terlamabat dan tidak sesuai dengan jadwal.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

holiholi

Pengalaman menggunakan youtube

MY SECOND HOMIEEE